Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Senin, 08 April 2013

Perawatan Bayi Baru Lahir


Perawatan Bayi Baru Lahir
Oleh
Fadhilatul Nurfah


Perawatan bayi baru lahir adalah suatu cara yang harus dilakukan oleh kedua orang tua yang baru memiliki bayi dengan merawat sang bayi agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Bagi orang tua baru pastilah sangat sulit dalam melakukan perawatan kepada sang buah hati tercinta oleh sebab itu ada beberapa cara jitu dalam merawat bayi baru lahir diantaranya:

1. Menyusui bayi dengan ASI
Yang pertama sekali harus dilakukan seorang ibu yang baru melahirkan seorang bayi adalah memberikannya ASI, karena ASI pertama mengandung kolostrum yang berisi anti body yang sangat berguna bagi kekebalan tubuh buah hati.

2. Merawat tali pusat
Sekarang perawatan tali pusat tidak serumit dahulu, cukup menjaganya kering dan membiarkannya tidak terkena benda-benda asing yang membahayakan sampai dengan hari ke tujuh atau lebih akan terlepas dengan sendirinya.


3. Mengganti popok dan pakain bayi
Mengganti pakaian dan popok bayi harus segera dilakukan apabila basah baik oleh pipis, BAB atau pun keringat bayi, keadaan basah pada popok dan pakain bayi akan membuat kulit bayi terkena iritasi yang bisa menimbulkan ruam popok

4. Memandikan dan memakaikan pakaian bayi
Mandikan bayi dua kali sehari pagi dan sore hari dengan menggunakan sabun dan shampo bayi yang lembut dan tidak perih di mata. Ritual memandikan bayi bisa membuat bayi tenang dan nyaman sehingga dapat tidur dengan pulas tanpa terbangun.

5. Menggendong bayi
Menggendong bayi adalah suatu hal yang sangat penting. Karena dengan di gendong bayi akan merasa lebih tenang.

6. Menjemur bayi
Menjemur bayi baru lahir masih sering kali dilakukan oleh orangtua. Tetapi tidak sekedar menjemur karena hal ini bertujuan agar bayi mendapatkan vitamin D dan batasannya hanya sampai sekitar jam 8 pagi untuk menjemurnyapun hanya dilakukan selama 15 menit.

7. Melakukan pemijatan
Pada bayi baru lahir memijat hanya boleh dilakukan oleh orang yang mengetahui anatomi tubuh agar bayi tidak keliru dalam pemijatannya.

8. Memberikan Lingkungan yang Nyaman
Menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bayi sangatlah penting. Usahakan lingkungan bayi tidak terlalu ramai atau berisik, terlalu dingin atau terlalu panas serta diberi cahaya yang nyaman. Lingkungan yang nyaman juga berarti bebas gigitan nyamuk dan serangga.

9. Memberikan  imunisasi kepada bayi
Imunisasi diperlukan untuk memberikan perlindungan bagi bayi dari penyakit infeksi. Untuk memastikannya bayi harus diimunisasi.Bayi yang baru lahir perlu mendapat imunisasi BCG, polio, dan hepatitis B. Pemerintah mewajibkan program imunisasi antara lain: vaksin BCG, polio, hepatitis B, DTP dan campak, yang bisa diperoleh gratis di puskesmas atau posyandu.
10. Menghindarkan makanan pendamping ASI sebelum usia 6 bulan
Hal ini bertujuan agar bayi mendapatkan ASI eksklusif. Karena pada umur bayi yang belum genap 6 bulan alat pencernaannya belum dapat mencerna berbagai macam makanan, sehingga hanya ASI yang dapat dicerna oleh bayi.




0 komentar:

Posting Komentar